Target utama penelitian ini adalah dihasilkannya produk berupa model pembelajaran IPS sekolah dasar yang berwawasan sosial-budaya dan buku pedoman guru tentang aplikasi model pembelajaran IPS yang berwawasan sosial-budaya. Pencapaian target tersebut dilakukan dengan memilih model pendekatan penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah pendekatan penelitian dan pengembangan, pada dasarnya terdiri dari: (1) penelitian prasurvai, (2) pengembangan model, dan (3) validasi model. Penelitian prasurvai dan pengembangan model telah dilakukan pada tahun pertama (Tahap I), sedangkan tahun kedua (Tahap II) ini penelitian difokuskan pada validasi model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman materi peserta didik dilihat dari rerata skor prates dengan rerata skor pascates (µ=.0001), dan perbedaan rerata skor pascates dengan kelompok kontrol yaitu (µ = 0,0001). Hasil validasi ini memberikan simpulan bahwa model pembelajaran IPS berwawasan sosial-budaya efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman materi dan literasi sosial-budaya peserta didik dalam pembelajaran IPS sekolah dasar.