Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan merancang kegiatan laboratorium fisika berbasis inkuiri bagi mahasiswa calon guru. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester lima Program Studi Pendidikan Fisika di suatu LPTK. Ada tujuh aspek yang diduga dapat mendukung pengembangan kemampuan tersebut, yaitu (1) menentukan tujuan kegiatan laboratorium, (2) menentukan jenis percobaan, (3) menentukan alat dan bahan laboratorium, (4) menentukan rangkaian percobaan dan menggambarkan diagramnya, (5) merencanakan sendiri prosedur percobaan, (6) menyusun LKS berbasis inkuiri, dan (7) merancang evaluasi kegiatan laboratorium. Aspek-aspek kemampuan tersebut dikembangkan melalui perkuliahan Laboratorium Fisika Pendidikan yang diselenggarakan dengan struktur kegiatan terdiri atas tiga tahap, yaitu pemodelan, perancangan, dan implementasi. Keberhasilan pengembangan kemampuan tersebut dievaluasi menggunakan instrumen lembar penyekoran hasil rancangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada semua aspek yang dikembangkan.
Kata kunci : kegiatan laboratorium fisika berbasis inkuiri, mahasiswa calon guru, LPTK