APAKAH ANDA?........

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Apakah Anda merasa kesulitan dalam membuat Skripsi, Tesis, Disertasi, PTK, atau Karya Tulis Ilmiah. Sudah berapa banyak biaya dan waktu yang dikeluarkan?
Qasada Research Solution, menawarkan cara agar lebih mudah, lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik. Bagi Anda yang akan melakukan penelitian sendiri, kami menawarkan referensi jurnal ilmiah. Dengan modal Rp. 100.000,- Anda dapat memesan 10 referensi yang dikehendaki; suatu jumlah referensi yang memadai dalam suatu penelitian. Bagi Anda yang tidak sempat mengerjakan sendiri, kami siap membantunya khusus untuk penelitian bidang pendidikan, manajemen, dan kebijakan serta KTI Kebidanan.

Wassalam
matsahudi@yahoo.com
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

PENGARUH UMPAN BALIK TES FORMATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BUTIR TES HASIL BELAJAR PENGANTAR PENDIDIKAN DITINJAU DARI MINAT . INA445

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umpan balik tes formatif terhadap kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan ditinjau dari minat  mahasiswa semester II FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster simpel random sampling, Kelas yang terpilih secara random adalah kelas A dan kelas B, dengan jumlah sampel 64 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan factorial 2x2. Data tentang kemampuan menulis butir tes hasil belajar pengantar pendidikan diperoleh dengan menulis tes sumatif dalam substansi mata kuliah Pengantar Pendidikan, sedangkan data tentang minat terhadap  Pengantar Pendidikan dikumpulkan dengan kuesioner minat. Perlakuan dilakukan selama  satu semester, yaitu mulai bulan Maret sampai dengan Agustus 2001. Perlakuan dilakukan oleh dosen pembina mata kuliah Evaluasi Pendidikan. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan  Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan antara mahasiswa yang diberi umpan balik tes formatif segera dan tertunda, (2) terdapat interaksi antara pemberian umpan balik tes formatif dan minat terhadap kemampuan  menulis  butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan, (3) terdapat perbedaan kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan antara mahasiswa yang diberi umpan balik tes formatif segera dan tertunda bagi mahasiswa yang memiliki minat tinggi, dan (4) terdapat perbedaan kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan antara mahasiswa yang diberi umpan balik tes formatif segera dan tertunda bagi mahasiswa yang memiliki minat rendah. Ini berarti  setrategi pemberian umpan balik tes formatif memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan pada mahasiswa semester II FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Kata-kata kunci: setrategi peningkatan kemampuan menulis butir tes hasil belajar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons