Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umpan balik tes formatif terhadap kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan ditinjau dari minat mahasiswa semester II FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster simpel random sampling, Kelas yang terpilih secara random adalah kelas A dan kelas B, dengan jumlah sampel 64 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan factorial 2x2. Data tentang kemampuan menulis butir tes hasil belajar pengantar pendidikan diperoleh dengan menulis tes sumatif dalam substansi mata kuliah Pengantar Pendidikan, sedangkan data tentang minat terhadap Pengantar Pendidikan dikumpulkan dengan kuesioner minat. Perlakuan dilakukan selama satu semester, yaitu mulai bulan Maret sampai dengan Agustus 2001. Perlakuan dilakukan oleh dosen pembina mata kuliah Evaluasi Pendidikan. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan antara mahasiswa yang diberi umpan balik tes formatif segera dan tertunda, (2) terdapat interaksi antara pemberian umpan balik tes formatif dan minat terhadap kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan, (3) terdapat perbedaan kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan antara mahasiswa yang diberi umpan balik tes formatif segera dan tertunda bagi mahasiswa yang memiliki minat tinggi, dan (4) terdapat perbedaan kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan antara mahasiswa yang diberi umpan balik tes formatif segera dan tertunda bagi mahasiswa yang memiliki minat rendah. Ini berarti setrategi pemberian umpan balik tes formatif memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan kemampuan menulis butir tes hasil belajar Pengantar Pendidikan pada mahasiswa semester II FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Kata-kata kunci: setrategi peningkatan kemampuan menulis butir tes hasil belajar