APAKAH ANDA?........

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Apakah Anda merasa kesulitan dalam membuat Skripsi, Tesis, Disertasi, PTK, atau Karya Tulis Ilmiah. Sudah berapa banyak biaya dan waktu yang dikeluarkan?
Qasada Research Solution, menawarkan cara agar lebih mudah, lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik. Bagi Anda yang akan melakukan penelitian sendiri, kami menawarkan referensi jurnal ilmiah. Dengan modal Rp. 100.000,- Anda dapat memesan 10 referensi yang dikehendaki; suatu jumlah referensi yang memadai dalam suatu penelitian. Bagi Anda yang tidak sempat mengerjakan sendiri, kami siap membantunya khusus untuk penelitian bidang pendidikan, manajemen, dan kebijakan serta KTI Kebidanan.

Wassalam
matsahudi@yahoo.com
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN PENALARAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn). INA441

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan kemampuan penalaran verbal terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa  SMU Negeri di Singaraja. Penelitian ini dilakukan di SMU Negeri 2 Singaraja dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Sampel penelitian terdiri atas 96 orang siswa kelas I SMU Negeri 2 Singaraja yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara bertahap (multistage random sampling).Data dianalisis dengan teknik analisis varians dua jalur dan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Secara keseluruhan, hasil belajar PPKn pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran non-kooperatif. (2) Tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif dan kemampuan penalaran verbal terhadap hasil belajar PPKn pada siswa. Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas I SMU Negeri di Singaraja.

Kata-kata Kunci: metode pembelajaran kooperatif dan penalaran verbal

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons