Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMU kelas I tentang konsep dasar partikel materi, zat tunggal, campuran, atom dan molekul. Subjek penelitian adalah siswa kelas I.1 semester I SMU Lab. IKIP Negeri Singaraja tahun akademik 2002/2003 dan objek penelitian adalah (1) aktivitas belajar, (2) hasil belajar, (3) miskonsepsi siswa, dan (4) persepsi siswa terkait dengan penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan strategi Realita-Analogi-Diskusi menggunakan multimedia dapat memotivasi siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga aktivitas siswa ditinjau dari perhatian, menanggapi/menjawab pertanyaan, dan interaksi antar siswa cukup tinggi. Pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar dan kualitas pemahaman siswa secara signifikan, tetapi tingkat ketuntasan belajar siswa masih kurang dari 80%. Beberapa miskonsepsi masih ditemukan terutama miskonsepsi yang berhubungan dengan jenis partikel materi dan istilah unsur yang dimaknai sebagai bagian materi. Sebagian besar siswa memberikan respon yang sangat positif terhadap pembelajaran yang dikembangkan dan mengharapkan agar pembelajaran kimia di masa mendatang menggunakan media komputer
Kata Kunci : Multimedia, Miskonsepsi, Partikel Materi