APAKAH ANDA?........

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Apakah Anda merasa kesulitan dalam membuat Skripsi, Tesis, Disertasi, PTK, atau Karya Tulis Ilmiah. Sudah berapa banyak biaya dan waktu yang dikeluarkan?
Qasada Research Solution, menawarkan cara agar lebih mudah, lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik. Bagi Anda yang akan melakukan penelitian sendiri, kami menawarkan referensi jurnal ilmiah. Dengan modal Rp. 100.000,- Anda dapat memesan 10 referensi yang dikehendaki; suatu jumlah referensi yang memadai dalam suatu penelitian. Bagi Anda yang tidak sempat mengerjakan sendiri, kami siap membantunya khusus untuk penelitian bidang pendidikan, manajemen, dan kebijakan serta KTI Kebidanan.

Wassalam
matsahudi@yahoo.com
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN BUKU AJAR DAN LEMBARAN KERJA MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA . INA465

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pembelajaran kooperatif yang disertai bantuan buku ajar dan lembaran kerja mahasiswa (LKM) dapat meningkatkan hasil belajar dan interaksi serta respons mahasiswa terhadap pembelajaran dalam mata pelajaran Geografi Ekonomi . Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Semester III Tahun Ajaran 2005/2006 yang berjumlah 36 orang.  Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner. Setelah terkumpul, data diolah dengan metode deskriptif.  Berdasarkan hasil pengolahan data, penelitian ini menemukan bahwa tingkat keberhasilan program ini mencapai 86,67%. Sementara itu, kualitas pembelajaran kooperatif di kelompok tergolong sangat tinggi. Sebaliknya, kualitas pembelajaran di kelas tergolong sangat rendah. Dari segi respons, 96,67% mahasiswa menyatakan, bahwa mereka menyenangi program ini sehingga perlu diteruskan di dalam PBM pada masa yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar pembelajaran kooperatif berbantuan buku ajar dan LKM dilakukan di dalam PBM mata pelajaran lain. Secara khusus dan lebih komprehensif, dampak pembelajaran kooperatif terhadap interaksi kelas masih perlu diteliti. Misalnya, mengkaji dampak tersebut dari segi psikologi, apakah mahasiswa mengalami kendala psikologis dalam PBM di kelas.


Kata kunci: pembelajaran kooperatif, interaksi kelompok, interaksi kelas, prestasi belajar, respons mahasiswa

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons