Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pembelajaran kooperatif yang disertai bantuan buku ajar dan lembaran kerja mahasiswa (LKM) dapat meningkatkan hasil belajar dan interaksi serta respons mahasiswa terhadap pembelajaran dalam mata pelajaran Geografi Ekonomi . Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Semester III Tahun Ajaran 2005/2006 yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner. Setelah terkumpul, data diolah dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data, penelitian ini menemukan bahwa tingkat keberhasilan program ini mencapai 86,67%. Sementara itu, kualitas pembelajaran kooperatif di kelompok tergolong sangat tinggi. Sebaliknya, kualitas pembelajaran di kelas tergolong sangat rendah. Dari segi respons, 96,67% mahasiswa menyatakan, bahwa mereka menyenangi program ini sehingga perlu diteruskan di dalam PBM pada masa yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar pembelajaran kooperatif berbantuan buku ajar dan LKM dilakukan di dalam PBM mata pelajaran lain. Secara khusus dan lebih komprehensif, dampak pembelajaran kooperatif terhadap interaksi kelas masih perlu diteliti. Misalnya, mengkaji dampak tersebut dari segi psikologi, apakah mahasiswa mengalami kendala psikologis dalam PBM di kelas.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, interaksi kelompok, interaksi kelas, prestasi belajar, respons mahasiswa
ANP001. A CHOICE OF A PERSPECTIVE SYSTEM FOR VIBRATION ISOLATION IN
CONDITIONS OF VARYING ENVIRONMENT
-
The report consider the application of AHP and ANP for prediction of
probable modifications of the factors, which mainly influence a choice of a
type of vi...