Pembaharuan kurikulum Pendidikan IPS Tahun 2004 berbasis kompetensi (KBK) menghendaki pelaksanaan program Pendidikan IPS yang powerful. Hal ini dicirikan oleh pengembangan program Pendidikan IPS yang bermakna, integratif, berbasis nilai, menantang dan menarapkan prinsip belajar aktif. Begitu pula Pendidikan IPS bertujuan meningkatkan kecakapan hidup (life skills) siswa untuk menjadi kompetensi yang dapat digunakan dalam kehidupan sosial bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pendidikan IPS yang seperti ini adalah yang mengintegrasikan praktik tradisi Pendidikan IPS sebagai pendidikan kewarganegaraan, pendidikan ilmu-ilmu sosial, pendidikan inkuiri reflektif, pembelajaran terpadu, dan pendidikan partisipasi sosial. Dalam pelaksanaanya (pembelajarannya, pengembangan sumber dan materinya, dan penilaiannya) haruslah berbasis pada pendekatan konstruktivisme yang memusatkan siswa sebagai subjek yang membangun dan mengembangkan pengetahuan dan kompetensinya secara mandiri