APAKAH ANDA?........

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Apakah Anda merasa kesulitan dalam membuat Skripsi, Tesis, Disertasi, PTK, atau Karya Tulis Ilmiah. Sudah berapa banyak biaya dan waktu yang dikeluarkan?
Qasada Research Solution, menawarkan cara agar lebih mudah, lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik. Bagi Anda yang akan melakukan penelitian sendiri, kami menawarkan referensi jurnal ilmiah. Dengan modal Rp. 100.000,- Anda dapat memesan 10 referensi yang dikehendaki; suatu jumlah referensi yang memadai dalam suatu penelitian. Bagi Anda yang tidak sempat mengerjakan sendiri, kami siap membantunya khusus untuk penelitian bidang pendidikan, manajemen, dan kebijakan serta KTI Kebidanan.

Wassalam
matsahudi@yahoo.com
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

PEMBELAJARAN MODUL YANG BERWAWASAN KONSTRUKTIVIS : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA . INA479

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas proses perkuliahan fisika kuantum melalui penerapan modul yang berwawasan konstruktivis dengan model belajar mandiri, meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap model pembelajaran yang telah diimplementasikan.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Tindakan dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Data dikumpulkan dengan pedoman observasi, tes, kuesioner dan pedoman wawancara, serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul yang berwawasan konstruktivis dengan model belajar mandiri dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa. Hal tersebut terjadi pergeseran pembelajaran ke arah pembelajaran mandiri yang berpusat pada mahasiswa. Secara kuantitatif terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar 11,8% (dari rerata skor 68,4 berkategori cukup pada akhir tindakan siklus 1 menjadi 76,5 berkategori baik pada akhir tindakan siklus 2). Respon mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan adalah positif.

Kata kunci : modul, konstruktivis, belajar mandiri

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons