Kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah, khususnya pada mata kuliah Kimia Dasar II, sangat rendah. Keadaan ini akan berakibat buruk pada hasil belajar mahasiswa. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar II diterapkan pembelajaran generatif dengan strategi pemecahan masalah. Pembelajaran ini menekankan pada pengajuan masalah kepada mahasiswa untuk dipecahkan secara sistematis dan bertahap sehingga dihasilkan penyelesaian yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada mata kuliah Kimia Dasar II mahasiswa TPB Jurusan Pendidikan Kimia tahun akademik 2001/2002, terdiri dari 23 orang mahasiswa. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi tindakan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar mahasiswa tergolong baik (7,11, skala 11). Mahasiswa menyambut dengan sangat positif pembelajaran yang diterapkan dan berharap agar pembelajaran ini dapat diteruskan untuk mengajarkan konsep-konsep kimia yang lainnya. Dari temuan ini direkomendasikan kepada dosen-dosen yang mempunyai permasalahan sejenis agar menggunakan pembelajaran ini untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.
Kata-kata kunci : pembelajaran generatif dan strategi pemecahan masalah