Tujuan penelitian ini adalah mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran RDI, meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar I. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia IKIP Negeri Singaraja tahun akademik 2002/2003 peserta kuliah Kimia Dasar I yang berjumlah 22 orang, sedangkan objek penelitian adalah 1) optimalisasi pemanfaatan sumber daya pembelajaran Kimia Dasar I, 2) kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar I, dan 3) respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran RDI pada mata kuliah Kimia Dasar I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran RDI memberi peluang pemanfaatan sumber daya pembelajaran Kimia Dasar I secara optimal, 2) kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran RDI, dan 3) mahasiswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran RDI. Berdasarkan temuan pada penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa penerapan model pembelajaran RDI dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya pembelajaran, meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa.
Kata kunci : Resitasi Diskusi Informasi (RDI)