Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa; (2) meningkatkan hasil belajar siswa; (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi pendekatan kontekstual dengan setting model belajar kooperatif dalam pembelajaran Fisika di SMA Negeri 2 . Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan, yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI2 SMA Negeri 2 , dengan melibatkan 36 orang siswa tahun pelajaran 2005/2006. Data penelitian ini dikumpulkan dengan lembar observasi, tes hasil belajar, dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari kualifikasi cukup aktif pada siklus I menjadi kualifikasi aktif pada siklus II; (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari skor rata-rata 65,43 dengan ketuntasan klasikal 72,26% pada siklus I menjadi skor rata-rata 85,42 dengan ketuntasan klasikal 86,17% pada siklus II; (3) respon siswa adalah positif terhadap implementasi pendekatan kontekstual dengan setting model belajar kooperatif dalam pembelajaran fisika.
Kata kunci : pendekatan kontekstual, model belajar kooperatif, aktivitas, hasil belajar, respon