Penelitian ini dirancang untuk mengetahui kontribusi gaya kepemimpinan transformasional guru terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa . Cuplikan ini diwakili oleh 297 orang siswa kelas II sebagai subjek penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik random. Data penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner gaya kepemimpinan transformasional untuk memperoleh data tentang gaya kepemimpinan guru, kuesioner motivasi berprestasi untuk memperoleh data tentang motivasi berprestasi siswa, dan dengan pencatatan dokumen sekolah untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa. Selanjutnya, data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan transformasional guru berkontribusi secara signifikan (22,197%) terhadap motivasi berprestasi, (2) gaya kepemimpinan transformasional guru berkontribusi secara signifikan (50,145%) terhadap prestasi belajar, dan (3) gaya kepemimpinan transformasional guru berkontribusi secara signifikan (72,342%) terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukkan, ternyata ketiga hipotesis yang diajukan terbukti, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional guru berkontribusi secara signifikan terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini, kiranya dapat digunakan sebagai salah satu informasi untuk dapat diwacanakan sebagai pendukung keberhasilan pelaksanaan KBK di masa mendatang, dengan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan-pelatihan model kepemimpinan transformasional dan pelatihan-pelatihan peningkatan motivasi berprestasi.
Kata kunci : gaya kepemimpinan transformasional guru, motivasi berprestasi, dan prestasi belajar.