Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis portofolio untuk siswa kelas II SMP di kota Singaraja, (2) melaksanakan pembelajarannya di sekolah, (3) menemukan kendala-kendala yang dihadapi, dan (4) menemukan dukungan-dukungannya. Untuk tujuan itu, dilakukan tindakan pengembangan, pelaksanaan, dan pengamatan hasilnya. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan kuesioner. Kemudian, data dianalisis secara deskriptif – kualitatif. Penelitian ini menghasilkan (1) model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis portofolio untuk siswa kelas II SMP, dengan (2) cara pelaksanaan di lapangan (sekolah), (3) sejumlah kendala yang dihadapi (16 kendala), dan (4) dukungan yang ada/tersedia (12 dukungan). Disarankan agar pihak-pihak yang berkepentingan menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengambil langkah, kebijakan, atau tindakan strategis di bidang pendidikan dan pengajaran.
Kata kunci : kendala dan dukungan, model pembelajaran, portofolio