Artikel ini menyajikan secara singkat tentang kebijakan, tantangan, dan proyeksi desentralisasi pengelolaan pendidikan nasional. Pendidikan yang demokratis sebagai bagian dari reformasi pendidikan membutuhkan paradigma baru seperti berikut. Pertama, reformasi pendidikan merupakan salah satu aspek reformasi total bangsa indonesia. Berikutnya, program, proses, dan manajemen pendidikan nasional harus direformasi juga untuk mendorong lajunya reformasi itu sendiri. Kedua, reformasi total masyarakat indonesia adalah untuk membangun masyarakat madani yang berintikan pada demokrasi. Visi dari kebijakan pendidikan menempatkan warga negara sebagai agen yang memainkan peranan penting dalam demokrasi menuju masyarakat madani. Ketiga, dengan desentralisasi pengelolaan pendidikan nasional, dibutuhkan sebuah paradigma yang sangat efektif dan strategis dalam membangun masyarakat madani dalam kebhinekaan budaya bangsa Indonesia. Akhirnya, paradigma baru mengenai desentralisasi pendidikan menjadikan daerah lebih leluasa, fleksibel, dan lebih bervariasi dengan standar mutu yang lebih terjamin.
Kata-kata kunci: sistim pendidikan, desentralisasi, kualitas.