Penelitian ini bertujuan mengetahui miskonsepsi, sikap ilmiah, hasil belajar, dan respon siswa sebagai implementasi pembelajaran dengan strategi siklus belajar empiris-induktif dengan bahan ajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SLTP 6 Singaraja tahun ajaran 2000/2001 yang jumlahnya 40 orang. Subjek penelitian diberi pembelajaran dengan strategi siklus belajar empiris-induktif dengan bahan ajar oleh guru fisika. Miskonsepsi siswa berkaitan dengan konsep usaha, suhu, dan pemuaian dikumpulkan melalui tes tulis bentuk uraian dan interviu klinis, yang dianalisis dengan metode konversi skor. Data tentang sikap ilmiah dan respons siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner dan dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan strategi siklus belajar empiris-induktif dengan bahan ajar dapat menurunkan proporsi miskonsepsi siswa, (2) pembelajaran dengan strategi siklus belajar empiris-induktif dengan bahan ajar dapat meningkatkan kualitas sikap ilmiah dan hasil belajar siswa, (3) respon siswa terhadap pembelajaran fisika dengan strategi siklus belajar empiris-induktif dengan bahan ajar termasuk katagori baik.
Kata-kata kunci : siklus belajar empiris-induktif, bahan ajar, sikap ilmiah, miskonsepsi