Tujuan utama penelitian ini adalah (1)) meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, (2) meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah Aljabar dan Trigonometri, dan (3) mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran berwawasan konstruktivis dengan metode PQRST. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang aktivitas belajar mahasiswa, prestasi belajar, dan data tanggapan mahasiswa terhadap pengimplementasian pembelajaran berwawasan konstruktivis dengan metode PQRST. Data mengenai tingkat aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan metode observasi. Data prestasi belajar mahasiswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan data tentang tanggapan mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diimplementasikan dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berwawasan konstruktivis dengan metode PQRST dalam perkuliahan Aljabar dan Trigonometri dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, yakni dari cukup aktif menjadi aktif serta dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, yakni sekitar 72,10 % memperoleh nilai A dan B dan tanggapan mahasiswa terhadap proses pembelajaran tergolong positif.