Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) efektivitas model konstruktivis dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada perkuliahan Kalkulus, dan (2) tanggapan mahasiswa terhadap model perkuliahan yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini melibatkan 23 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah kalkulus pada tahun akademik 2000/2001. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes, angket dan catatan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi model konstruktivis dalam perkuliahan Kalkulus cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar mahasiswa dari berkategori cukup pada siklus I menjadi berkategori baik pada siklus II dan tanggapan mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan sebagian besar positif.
Kata-kata kunci: model konstruktivis, kemampuan pemecahan masalah.