Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar mahasiswa antara yang mengikuti model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal rendah, dan (3) menganalisis pengaruh interaktif antara model pembelajaran dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar mata kuliah sistem akuntansi.
Penelitian dilakukan melalui metode eksperimen menggunakan pengukuran dua faktor dengan versi faktorial nonequivalent pretest-postest control group design. Penelitian ini melibatkan beberapa variabel, yaitu: hasil belajar, model pembelajaran, dan pengetahuan awal. .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem akuntansi antara mahasiswa yang belajar dengan model kooperatif dan konvensional. Hasil belajar kelompok mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem akuntansi antara mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan rendah. Hasil belajar kelompok mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, lebih tinggi dari kelompok mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal rendah. (3) Tidak terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar sistem akuntansi.