Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kadar CBSA pembelajaran yang dikelola guru, (2) etos kerja guru, dan (3) ada tidaknya hubungan antara etos kerja guru dengan kadar CBSA pembelajaran yang dikelolanya. Sebanyak 40 orang guru sebagai subjek dan 160 orang siswa sebagai responden dilibatkan dalam penelitian ini yang dipilih secara acak dari 4 SMU Negeri yang ada. Data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan kuesioner, dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum kadar CBSA pembelajaran yang dikelola guru tergolong sedang, (2) secara umum etos kerja tradisional guru tergolong rendah, (3) secara umum etos kerja modern guru termasuk sedang, (4) tidak ada korelasi antara etos kerja tradisional guru dengan kadar CBSA pembelajaran yang dikelolanya, dan (5) Ada korelasi positif antara etos kerja modern guru dengan kadar CBSA pembelejaran yang dikelolanya.