Kata kunci : Pengetahuan, Persepsi, Sikap, Minat, Pengelolaan lingkungan hidup
Key words: Knowledge, Perceptions, Attitudes, Interests, Environmental management
Penelitian hubungan pengetahuan lingkungan dengan persepsi, sikap dan minat terhadap pengelolaan Lingkungan Hidup (LH) pada guru Sekolah Dasar di kota Pekanbaru dilakukan pada bulan Februari-Mei 2006. Secara acak, sampel diambil dari 30 orang guru SD yang bertugas di 7 kecamatan di Kota Pekanbaru. Penelitian menggunakan metoda survey, data dikumpulkan melalui tes dan angket (mencakup instrumen persepsi, sikap dan minat terhadap pengelolaan lingkungan). Instrumen yang digunakan terlebih dahulu telah melalui uji validitas dan releabilitas. Analisis data karakter (3 preditor) menggunakan regresi ganda dan uji-F. Hasil penelitian melalui uji-t, diperoleh t = 4,83 pada tingkat signifikansi p<0,05. Ini menunjukkan ada perbedaan signifikan skor pengetahuan lingkungan guru antara sebelum dan sesudah diberikan pendidikan pengetahuan LH. Adanya peningkatan pengetahuan LH guru berhubungan positif dengan sikap (0,48) dan minat (16,70) terhadap pengelolaan LH, dengan koefisien determinasi R2 = 0,64 pada taraf signifikansi 0,05, yaitu 64% variasi sikap dan minat guru terhadap pengelolaan LH berhubungan dengan skor pengetahuan LH guru melalui pendidikan formal dengan regresi Y = 22,89 + 0,07X1 + 0,15X2 + 0,08X3. Sebaliknya, pengetahuan LH guru tidak berhubungan positif dengan persepsi guru terhadap pengelolaan LH, dengan sumbangan efektif –0,03.
ANP001. A CHOICE OF A PERSPECTIVE SYSTEM FOR VIBRATION ISOLATION IN
CONDITIONS OF VARYING ENVIRONMENT
-
The report consider the application of AHP and ANP for prediction of
probable modifications of the factors, which mainly influence a choice of a
type of vi...